Bagikan

Setiap hari, aktivitas santri sangatlah beragam dari mengaji, sekolah, mutholaah dan lainnya tentu saja kadang membuat para santri merasa sangat bosan. Para santri butuh refresh untuk mengistirahatkan badan dan pikiran mereka sebelum melanjutkan hari-hari mereka. Di pesantren-pesantren, hari jumat adalah jawaban dari dari kebutuhan para santri akan ketenangan dan istirahat. Selain sebagai hari besar umat islam, hari jumat juga menjadi hari besar bagi para santri, pasalnya mereka merasakan kelebihan yang ada di hari jumat. Hari jumat lebih dinanti dibanding hari-hari lainnya oleh para santri, tidak memandang senioritas ataupun lamanya tinggal di pesantren. Apa saja yang kelebihan hari jumat yang ditunggu-tunggu oleh para santri, langsung saja kita bedah.

Hari libur

Kebanyakan pesantren membuat libur di hari jumat, meskipun ada beberapa pesantren yang menetapkan hari libur di hari ahad. Hari libur tentu saja hal yang sangat dinanti oleh banyak santri selain bisa istirahat, mereka juga bisa melakukan kegiatan lain seperti hobi mereka. Hari libur jumat ini sangatlah dimanfaatkan dengan baik oleh para santri, maka tak heran hari jumat merupakan rahmat bagi para santri. Tidak hanya berhenti disitu, pada hari libur jumat juga kadang santri mendapat jatah pulang kampung meski hanya untuk 1 atau 2 hari saja.

Hari bersih (Roan)

Hari jumat pesantren terlihat lebih bersih dibanding hari-hari lainnya, bukan tanpa alasan melainkan pada hari jumat para santri mempunyai kewajiban bersih-bersih (roan). Meskipun setiap hari mereka akan membersihkan lingkungan, namun pada hari jumat bersih-bersih mereka akan lain dari biasanya. Jika pada hari biasa mereka hanya menyapu pada hari jumat mereka akan menyapu ditambah dengan menyepel. Jika pada hari jumat mereka membersihkan selasar, maka pada hari jumat mereka juga akan memberikan halaman depan dan juga belakang hingga benar-benar tidak terlihat sampah sama sekali.

Baca Juga  SANTRI PULANG

Acara Besar Pesantren

Jika sudah mengistirahatkan badan dan pikiran, saatnya hal-hal baru ditampilkan untuk menghilangkan kebosanan. Pada hari jumat biasanya banyak diadakan acara-acara pesantren seperti isra miraj, maulid nabi, khataman, atau acara lain yang memang dipaskan pada hari jumat. Para santri tentu saja selalu antusias meskipun kadang acara tersebut bukan untuk mereka seperti pertemuan pengurus pesantren atau silatrahmi kyai satu kabupaten.  Jika ada acara di pesantren otomatis suasana menjadi ramai dan mereka menyukainya, Tidak jarang mereka mendapatkan makanan ataupun jajanan dari acara tersebut.

Sambangan

Terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah sambangan. Jumat adalah waktu yang banyak ditetapkan oleh pengurus pondok kepada wali santri jika ingin mengunjungi pesantren menemui anak mereka. Biasanya yang berbeda adalah pada urutan minggunya saja pada setiap pondoknya. Ada yang jumat petama setiap bulan adapula yang di jumat akhir. Sambangan adalah momen nomer 1 yang paling ditunggu para santri, selain bisa melepas kangen kepada orang tua dan keluarga kantong dan lemari mereka juga kembali terisi oleh uang jajan bulanan dan juga jajanan yang dibawa orang tua untuk disantap bersama teman-teman satu kamar.

Begitulah spesialnya hari jumat bagi para santri selain mereka juga sudah pasti akan banyak beribadah, tapi suka cita menyambutnya juga penuh dengan makna. Apa hal yang biasa kamu lakukan jika hari jumat?

Bagikan