Bagikan

Assalamu’alaikum wr.wb

Saya mau berbagi tips nih, bagaimana caranya agar lemari terkesan rapih, bersih, wangi serta bisa muat banyak barang-barang pribadi kalian sobat ala santri.

Pada umumnya dipesantren itu kita akan digabungkan dengan berbagai macam karakter orang, ada yang rajin, males, jorok dan macem-macem deh pokonya 😁 apalagi kalo santri yang baru lulus SD sederajat yang dominannya belum terbiasa mandiri. Tapi ketika sudah memasuki penjara suci mereka ya harus dipaksakan untuk menjadi pribadi yang mandiri.

Sobat santri sekalian, biasanya kita dipesantren itu kan dibagi menjadi beberapa kobong(kamar), nah biasanya satu Kobong itu terdiri dari beberapa santri. Dengan jumlah santri yang terhitung banyak biasanya perkobong itu di isi oleh 8-10 santri bahkan bisa lebih dari itu,dengan ruangan yang tidak begitu besar tentunya santri juga harus pandai2 mengatur kamar tersebut agar nyaman untuk ditempati, Karna tempat yang nyaman juga berpengaruh loh pada konsentrasi belajar santri. Nah karena minimnya tempat maka biasanya para santri menggunakan lemari yang tidak terlalu besar, yang penting bisa muat barang-barang pribadi. Umumnya para santri biasa menggunakan lemari kayu seperti yang ada pada gambar di atas, tetapi beda2 juga sih disini saya cuma mengambil sampel yang dominan saja.

Dengan lemari yang berukuran tidak terlalu besar sedangkan barang-barang keperluan kita itu tidak sedikit ketika berada di pesantren maka kita harus pandai2 dalam mengaturnya, khususnya untuk santriwati yang keperluannya lebih banyak 😁

Baca Juga  NING LANA #2

Simak ya beberapa tips berikut:

  1. Lipat pakaian serapih mungkin. tidak dapat dipungkiri bahwa pakaian itu adalah hal yang paling penting dimana pun kita berada. Waktu saya mondok dulu tidak diperkenankan untuk membawa setrika jadi agar pakaian tidak terlalu kusut biasanya kita gantung menggunakan hanger lalu setelah kering kita lipat dengan rapih, biasanya saya menggunakan tumpukan buku agar pakaian tidak terlalu kusut(sebenernya ga banyak ngaruhnya juga sih tapi ya lumayanlah 😂) usahakan lipatan pakaian tidak terlalu besar dan harus sama besarnya. Biasanya saya menyimpan baju dan rok dalam satu tumpukan dibarisan kedua lemari, lalu untuk sarung dan jilbab saya tumpuk menjadi satu bagian di sebelah baju dengan lipatan yang lebih kecil dari baju.
  2. Simpan buku dan kitab di bagian atas lemari. Kenapa harus menyimpan buku dan kitab di bagian atas, Karna saya percaya bahwa buku2 dan kitab2 ini memiliki serat ilmu maka kita harus memuliakannya. Biasanya saya menyimpan buku LKS dan buku tulis sekolah ditumpuk dibagian sebelah kiri, lalu untuk kitab2 dan buku madrasah saya simpan dibagian sebelah kanan. Lalu biasanya saya memotong botol air mineral menjadi 2 bagian, dan saya gunakan untuk tempat2 perkakas kecil seperti gunting kuku,benang jahit,jarum pentol,bross, dll lalu lalu yang satu lagi saya gunakan untuk menyimpan pulpen,pensil,penggaris,penghapus,tipe-x, dll.
  3. Lemari bagian bawah. Biasanya saya menyimpan 2 kardus berukuran kecil dilemari paling bawah, dus sebelah kiri saya gunakan untuk menyimpan perlengkapan make up lalu dus sebelah kanan saya gunakan untuk menyimpan (maaf) pakaian dalam,manset,dasi,kaos kaki,dll.
  4. Gunakan pengharum lemari. Biasanya saya menggunakan Stella yang digantung di bagian pintu lemari atau menggunakan kamper yang disimpan dipinggir2 pakaian.
  5. ‌buat memo/goal. Nah ini hal kecil yang berdampak besar untuk kita, biasanya kita mengabaikan hal2 seperti ini. Saya pribadi biasanya sering menempelkan memo/target di bagian dalam pintu lemari pada malam hari agar besok hari sudah bisa melakukan kegiatan apa saja yang menjadi target saya, misal harus khatam setoran untuk hari esok. Lalu saya juga biasanya menempel jadwal pelajaran serta jadwal2 dipesantren di sebelah memo. Dan tidak lupa juga menempelkan kaca kecil, Karna biasanya kaca umum di kamar itu antri makenya makanya harus ada kaca pribadi biar ga telat berangkat ngaji atau sekolah 😂
  6. Rapihkan lemari sesering mungkin. Terkadang dengan aktifitas yang begitu padat membuat kita kurang peka dengan barang2 milik kita,tapi sobat ala santri harus membiasakan merapihkan lemari ya agar semuanya terkesan baik.
Baca Juga  SEGARIS RAGU (vol 12)

Alhamdulillah, sekian tips dan sharing dari saya. Mohon maaf jika banyak kekurangan, semoga bermanfaat untuk sobat santri sekalian 😉

Bagikan