Bagikan
doa di malam rindu2

doa di malam rindu

Salam rindu, selamat malam minggu waktu Indonesia bagian rindu.

Pada tulisan ini saya ingin mengajak teman-teman santri dan semuanya untuk sejenak berbagi rindu. Kita semuanya pasti pernah merasakan gelisah atau semacam perasaan yang sulit mengekspresikannya karena rindu. Tanpa kita sadari, sejatinya santri adalah manusia yang begitu banyak dan betapa seringnya mengalami rindu. Rindu kepada keluarga, guru, seseorang, tempat, suasana bahkan rindu kepada orang yang sudah tiada sekalipun. Contoh sedikit saja untuk mengantarkan teman-teman kepada rindu. Pertama kali mondok dan baru sebentar saja sudah rindu keluarga juga hal-hal yang biasa kita lakukan ketika di rumah. Setelah kita boyong dari pondok, lagi-lagi rindu menghampiri dan entah bagaimana teman-teman mengalami rindu, silahkan membayangkannya masing-masing. Rindu itu seakan-akan selalu mengikuti arah kemana kita pergi, dimana kita berpijak di Bumi. Kadang tidak ada sebab tiba-tiba kita rindu dan sebaliknya membuat-buat sendiri supaya kita sedang rindu.

Saya saat ini sedang rindu seseorang, semoga dengan doa terbuka tidak mengurangi atau menambah rindu, cukup membuat kenyamanan rindu saja. Banyak yang menasehati kalau sedang rindu kirimlah doa, tapi tetap saja masih rindu. Entah kurang ikhlas atau kurang serius dalam mengirimkan doa. Bagaimanapun juga yang dipikirkan selalu bertemu bertemu dan bertemu. Entah ini munafik atau apalah itu istilahnya, sebab dalam diam berdoa tapi mengharapkan bertemu. Apakah puncak dari rindu itu bertemu? Tetapi bagaimana jika tidak bisa bertemu dan bagaimana jika sudah bertemu, apakah tidak ada lagi rindu? Sepertinya hidup serasa kelabu kalau sudah tidak ada lagi rindu.

Baca Juga  Menikmati Budaya Indonesia dengan Cuma-Cuma di Pesantren

Kepada teman-teman yang sedang rindu maupun belum rindu, mari sejenak kita fokuskan hati dan pikiran pada rindu. Doa terbuka pada malam rindu ini kita sebarkan kepada orang-orang yang sedang mengalami rindu supaya tidak ada perasaan gelisah atau sedih karena rindu. Maka, marilah kita bersama-sama merindu dengan doa yang akan kita kirimkan untuk rindu kepada rindu, bismillah.

Yaa Allah, apakah Engkau menciptakan kami dari sebongkah rindu? Jika iya, alhamdulillah. Kami memohon kepada-Mu atas rindu yang Engkau berikan agar menjadi rindu yang barokah. Pesan rindu yang kami selipkan dalam bait-bait doa supaya tersampaikan dan tidak ada sedikitpun yang tertinggal atau berjatuhan, sehingga rindu kami sepenuhnya dapat menjadi kenyamanan pada hati kami.

Yaa Allah, Tuhan yang Maha pemberi rindu, kami selalu mengharap agar rindu kami kepada siapapun atau apapun tidak sia-sia, juga menjadi kemashlahatan bagi kami sekalian para perindu. Yaa Allah, bagaimana cara kami dalam beribadah rindu dan apakah ada tuntunan ibadah rindu di Dunia ini sebagaimana Engkau telah memberikan kami rindu yang tak habis-habisnya. Yaa Allah, kami sedang merindu, kami tidak ingin rindu ini lepas begitu saja, tetapi kami juga tidak ingin rindu ini hanya diam saja.

Yaa Allah, berikanlah kami kebaikan rindu di Dunia dan kebaikan rindu di Akhirat, dan jagalah kami dari siksa rindu yang membelenggu. Segala puji bagi Engkau Yang Maha Rindu, yang memiliki dan memberikan segala kenyamanan rindu, Yaa Allah. Sholawat serta salam kami haturkan kepada baginda Rosul, kanjeng nabi Muhammad yang dirindukan semua umatnya. Semoga rindu kami semuanya, yang kami rasakan dan kami alami menjadi ridho-Mu serta menjadi keberkahan bagi seluruhnya. Al-Fatihah.

Bagikan