Gebyar Muharroman Ala Santri

0
0

Muharroman adalah nama lain dari peringatan tahun baru Islam yang bertepatan jatuh pada tanggal 1 Muharrom, sehingga seringkali disebut dengan Muharroman. Tidak sedikit umat Islam yang masih kurang akrab dengan peringatan tahun baru Islam ini, karena yang selalu ramai dirayakan di publik adalah tahun baru masehi, 1 Januari. Sebagai santri, tugas kita adalah harus selalu memperkenalkan dan meramaikan tahun baru Islam ini, Muharroman ala santri mungkin biasa diucapnya.

Muharroman ala santri, tidak lepas dari ritual doa bersama. Seluruh santri dan pengasuh biasanya melangsungkan doa akhir tahun bersama yang dilaksanakan menjelang maghrib, pada kesempatan doa akhir tahun inilah waktunya bermuhasabah diri akan apa yang telah diperbuat selama satu tahun terakhir ini. Kemudian dilanjutkan dengan doa awal tahun yang dilaksanakan setelah jamaah sholat maghrib.

Tak ketinggalan, muharroman ala santri selalu penuh dengan pernak pernik yang meramaikan. Seperti lomba muharroman, misalnya. Lomba muharroman ala santri biasanya berupa; lomba baca kitab kuning, lomba hifdzil Quran, tilawatil Quran, lomba masak, lomba kreasi syiir, bahkan sampai lomba-lomba olahraga sekalipun. Dunia pesantren memang selalu unik, dan tidak melulu soal belajar mengajar, kita di sini juga bisa menikmati keseruan-keseruan yang ada.

Perlombaan macam ala santri tersebut merupakan wujud dari kegembiraan kita sebagai umat muslim dalam memperingati tahun baru hijriyah, dan juga sebagai wujud syukur kita karena masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan tahun berikutnya. Doa dan harapan tentu harus ada di tahun baru, semoga santriwan dan santriwati senantiasa selalu dimudahkan oleh-Nya dalam mewujudkan harapan-harapan yang ada.

baca juga: doa yang terbuka

0
0

Irhas B Author

Penulis kadang-kadang di alasantri.id. Sering berpikir sebelum menulis, tapi lebih sering memikirkan apa yang ditulisnya. Ucapannya tidak lebih baik dari tulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *