BARANG SEPELE SANTRI YANG MUSTI DIBAWA

0
0

Menjadi santri adalah sebuah pilihan yang tidak main-main loh, apalagi jika pesantren yang memang kamu tuju berada jauh dengan tempat tinggalmu. Jarak memang bukan menjadi masalah pada era saat ini, tapi jauh dekatnya jarak itu tidak hanya diukur dari KM ataupun Meter, tapi dari kemampuan dan persepsi kita terhadap jarak tersebut. Bagi kali yang sudah siap untuk menuju pesantren impian kalian, ada baiknya kalian menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sedari awal, agar ketika sudah masuk pesantren kalian tidak kebingungan mencari barang yang dibutuhkan bukan malah membawa barang sepele santri lain.

Berikut ini,  alasantri ingin berbagi hal-hal apa saja barang sepele santri yang ternyata sangat perlu kamu siapkan ketika pertama kali menjadi santri. Dari banyaknya hal-hal yang wajib dibawa, team alasantri.id sudah meringkasnya menjadi 8 barang yang paling sering tidak terbawa dan diremehkan untuk kamu bawa ketika berangkat mondok pertama kali. Berikut ini 8 barang yang wajib versi alasantri.

Peci/Jilbab

Ini hal paling esensial bagi seorang santri, dimana 98 persen kehidupan santri tidak bisa lepas dari benda ini. Perlu dipelajari juga berapa jenis peci yang harus kalian miliki bagi santri putra dan berapa jenis jilbab yang harus dimiliki santri putri, setiap pesantren memiliki peraturan dan pedoman masing-masing.

Kamus Bahasa Arab-Indonesia/Indonesia-Arab

Kamus merupakan bantal kedua santri di pesantren, tidak sedikit mereka saking seringnya membuka kamus hingga ketiduran dan menjadikan kamus ini sebagai bantal. Kamus bahasa arab tidak hanya digunakan pada persantren bahasa, tapi semua pesantren membutuhkan kamus dalam mengartikan kitab yang sedang kita siapkan untuk setoran sorogan nantinya/

Pulpen Hi-Tech (bukan endorse ya)

Kenapa pulpen ini? ini salah satu barang sepele santri, tapi percayalah, bahwa ini pedang untuk kalian berperang nantinya saat sorogan atau bandongan (read:ngaji), jagalah pulpen ini dengan sedemikian rupa, kalian para santri baru tentu saja akan sangat menyayangi pulpen ini nantinya dengan memperlakukannya sangat hati-hati.

Saos + Kecap

Pada saat masuk pesantren, makanan kita akan mengikuti menu-menu yang disediakan pesantren (jika pesantren yang sudah siap makan), maka otomatis kita akan beradaptasi dengan makanan baru yang belum kita kenal. Kesan pertama dengan makanan pesantren mungkin setiap orang berbeda-beda, ada yang langsung merespon positif dengan lahap memakannya, adapula yang sebaliknya dengan tidak menyukainya. Kita mungkin saja berada pada posisi yang tidak menyukai makanan itu, sedangkan kita harus makan karena belum begitu mengerti dengan lingkungan makanan di sekitaran pesantren. Saos dan kecap adalah sebuah benda sederhana yang bisa membantu kita beradaptasi dengan makanan yang ada di pesantren. Kita bisa mengatur menambah pedas atau manisnya dengan menakar sesuai selera saos dan kecapnya.

Gantungan Kunci

Setiap santri pastinya akan mempunyai almari/loker masing-masing untuk menyimpan barangnya di kamar, setiap santri akan mempunyai kunci almari dan akan selalu dibawa-bawa kemana-kemana. Kebutuhan gantungan kunci tak bisa dipandang sepele, banyaknya kasus kehilangan kunci karena kunci tidak memiliki gantungan yang spesifik untuk bisa dikembalikan ke empunya. Sebagai saran, carilah gantungan kunci yang bisa diberi nama dan nama kamar/asrama. Selain itu, bisa juga menggunakan gantungan kunci yang bisa kita pakai sebagai gantungan leher atau gelang tangan, jadi kunci akan kita bawa dengan leluasa.

Tipe-X + Spidol Permanent

Percayalah bahwa sikap pencegahan itu lebih baik dari pada pengobatan, slogan itu juga berlaku terhadap barang-barang milik kita. Ada baiknya kita bisa menjaga barang-barang kita dari lupa menyimpan atau diambil oleh orang lain. Nah, mulailah memberi nama atau inisial pada semua barang-barang yang dibawa ke pesantren dengan menggunakan Spidol pada permukaan benda terang sedangkan menggunakan tipe-x pada permukaan yang gelap. Tempatkan tanda atau nama kalian pada sesuatu yang bisa terlihat dari luar seperti menulisnya di kerah bagian belakang. barang sepele santri yang memang sepela tapi berguna juga, hehehe.

Block Note

Ada banyak peraturan dan kosakata baru yang akan kamu dapatkan pada masa-mas mondokmu, untuk membuatmu mudah dalam menghafal dan menyesuaikan, kehadiran blocknote sangatlah membantu. Kamu juga bisa mencatat beberapa nama temanmu dengan masing-masing alamatnya agar tidak lupa ketika kamu hendak memanggilnya namanya kembali.

Barang Sepele Santri Terakhir: IN (Jajanan)

Strategi paling ampuh untuk berteman dengan orang baru adalah dengan membawakannya makanan khas dari daerah masing-masing. Diplomasi makanan ini membutuhkan pasokan makanan yang asyik untuk dimakan berame-rame dan bukan makanan berat, agar komunikasi lebih santai. Makanan atau jajanan ini di pesantren disebut dengan IN (read : i-en).

Baca juga: Pertanyaan-pertanyaan tentang santri baru

mau tau lebih dalam tentang santri dan seluk beluknya, follow intagram alasantri @alasantri

Facebook Comments
0
0

admin Author

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *