73 TAHUN, SANTRI MARI TERUS BERPERAN

0
0

Hari ini Negara tercinta Republik Indonesia berulang tahun ke 73 tahun. Sebuah usia yang sangat baik dan proporsional untuk sebuah Negara, dimana semua kemajuan sedang digalakan pada berbagai bidang. Usia 73 tahun tidak terlalu tua dan juga tidak telalu muda, usia ini dirasa sudah cukup dengan pengalaman untuk meniti langkah kedepan menghindari berbagai tantangan. Kemerdekaan yang didapatkan selama 73 tahun ini perlu sekali untuk disyukuri dengan mendalam dan menjadi muhasabah diri. Setiap orang harus bisa menjadikan momentum 73 tahun ini menjadi penyemangat kedepan, pun juga bagi para santri yang juga salah satu bagian dari bangsa besar ini.
Santri yang pada zaman penjajahan dulu memiliki semangat dan tekad tinggi atas kemerdekaan bangsa ini. Dahulu kyai dan santri-santri ikut para pejuang untuk memperjuangkan kemerdekaan. Dengan satu tekad ikut perintah kyai dan satu tujuan yaitu kemerdekaan, para santri berjuangan tanpa ada rasa takut sedikitpun. Semangat juang mereka membuahkan hasil manis tidak hanya bagi mereka sendiri tapi juga bagi bangsa besar ini hingga memperoleh sebuah syukur akan kemerdekaan.
Di 73 tahun ini, sebagai santri tentu saja tidak boleh lepas tangan terhadap Negara kesatuan republic Indonesia ini, semangat santri di masa perjuangan harus tetap dibawa ke perkembangan zaman sekarang. Peran-peran santri sudah ditunggu diberbagai bidang Negara ini. Seperti slogan yang diangkat pada perayaan hut kali ini adalah “Kerja kita, prestasi bangsa” memiliki makna yang mendalam bahwa setiap usaha akan mendatangkan prestasi masing-masing. Santri yang memiliki jiwa mandiri tentu saja sangat bias berusaha dan bekerja dengan style tersendiri tidak melulu ikut dengan orang lain.
Kita sudah banyak lihat beberapa santri yang berperan di bangsa ini, dari mulai yang duduk di pemerintahan, perusahaan-perusahaan negera, lembaga-lembaga pendidikan serta beberapa juga di dunia seni. 73 tahun yang membahagiaan dan memberi harapan baru bahwa santri diterima di semua bidang. Santri juga tidak hanya berperan di dalam negeri, ada beberapa santri juga ternyata yang memiliki peran penting di luar negeri baik sebagai pengajar atau posisi penting lainnya.
Angka 73 memang tidak sebanyak digit angka usia kita, tapi sudahkan kita memberikan warna pada bagian kecil di 73 tahun Negara ini, mari para santri memupuk prestasi dan inovasi yang bisa memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan Negara. Semua dimulai dari diri sendiri.

baca juga: menikmati budaya Indonesia

0
0

Irhas B Author

Penulis kadang-kadang di alasantri.id. Sering berpikir sebelum menulis, tapi lebih sering memikirkan apa yang ditulisnya. Ucapannya tidak lebih baik dari tulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *